Minggu, 30 September 2012

Bipolar Disorder, Apa Itu?

Bipolar Disorder atau bipolar, mungkin merupakan istilah yang masih asing. Namun demikian, kata ini sempat beberapa kali muncul di media. Contohnya, tokoh Silver (diperankan Jessica Stroup) di serial 90210 yang diceritakan mengidap bipolar disorder. Hal ini membuat Silver berkelakuan aneh, hingga seperti kehilangan kontrol atas dirinya. Sebenarnya, apa sih bipolar disorder ini?

Secara sederhana bipolar disorder dapat dijelaskan sebagai perubahan mood (mood swings) yang sangat ekstrim. Dari yang tadinya super excited serta bahagia luar biasa, menjadi depresi yang sangat dalam. Perubahan seperti ini sering dialami penderitanya. Bahkan, kadang bisa berlangsung sangat cepat dan nggak bisa diprediksi. Bipolar disorder termasuk ke dalam masalah kejiwaan dan juga digolongkan sebagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan otak. 

Biasanya gejala bipolar muncul di usia muda, yaitu antara 15-25 tahun. Dan bisa terjadi pada cowok ataupun cewek. Hingga kini penyebab pastinya belum ketahuan. Tetapi ini sering terjadi pada orang yang keluarganya juga memiliki kecenderungan yang sama (memiliki bipolar disorder). 

Orang dengan bipolar disorder, bisa menjalani hari-hari seperti biasa. Fase saat ia mulai “aneh” alias muncul gejala bipolar, sering disebut dengan manic phase/ episodes. Ini bisa berlangsung beberapa hari sampai bulanan. Seperti yang dialami Silver, orang yang mengalami bipolar disorder seolah tidak bisa mengendalikan dirinya. Bahkan, saking depresinya, dikhawatirkan mereka akan menyakiti diri sendiri. Sebaliknya, dengan perawatan medis yang tepat, mereka bisa mengontrol diri dan hidup secara normal.


(source: gadis.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar