Jumat, 05 Oktober 2012

Aman Menggunakan Earphone

Hobi beraktivitas sambil mendengarkan musik melalui earphone berjam-jam? Kalau iya, kita mesti sedikit waspada, nih. Ternyata, kebiasaan ini punya efek buruk untuk pendengaran kalau kita nggak hati-hati. Oow!

Menurut perkiraan The EU’s Scientific Committee on Emerging and Newly Identified Health Risks (SCENIHR), sekitar 5 sampai 10 persen pengguna earphone untuk mendengarkan musik, dihantui resiko kehilangan pendengaran permanen jika mendengarkan musik lebih dari 1 jam sehari dengan volume keras. 


Oleh karena itu, sayangi telinga kita dengan memperhatikan rambu-rambu menggunakan earphone berikut ini:

  • Batasi durasi mendengarkan musik dengan music player selama satu jam setiap harinya dengan tingkat volume di bawah 60% dari volume maksimal.
  • Apabila di keramaian, misalnya di kendaraan umum atau jalan, usahakan untuk tidak mendengarkan musik. Selain bikin kita nggak awas sama keadaan sekitar, mendengarkan musik di keramaian akan memancing kita menaikkan volume.
  • Jangan lupa mengistirahatkan pendengaran sekitar 15 menit, tiap kali menggunakan earphone. Jeda waktu itu berguna untuk memulihkan dan adaptasi pendengaran kita dengan suara sekitar.
  • Pilih earphone yang nyaman-bukan yang sekedar keren-untuk telinga kita. Perhatikan juga apakah earphone tadi bisa meredam suara noise dari luar.
  • Jaga kebersihan earphone kita. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan jurnal kesehatan Laryngoscope, bakteri bisa mencemari bagian earphone. Lapisi bagian earphone dengan busa dan rutinlah membersihkan serta menggantinya apabila sudah kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar