Jumat, 05 Oktober 2012

Lebih Kenal dengan Halloween

Setiap tahunnya, pasti selalu ada kemeriahan tersendiri dalam perayaan Halloween. Entah dari temanya, kostumnya, cara merayakannya, dan lain-lain. Tapi, Halloween ternyata nggak melulu seputar pesta kostum dan ikon legendarisnya, lho. Ada banyak fakta menarik lainnya yang mungkin belum kita tahu. Apa saja itu?
  • Awalnya budaya Halloween ini merupakan tradisi orang Celt di Irlandia, Britania, dan Perancis. Perayaan ini bertujuan menyambut musim panen labu.
  • Kata ‘Halloween’ berasal dari kata Hallowe’en yang merupakan kependekan dari All Hallow’s Eve atau malam sebelum hari raya All Hallow. Ini merupakan hari raya Agama Katolik yaitu All Saints Holy Day, yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober.
  • Karakter Jack O’ Lantern yang berbentuk labu warna oranye ini, selalu jadi simbol pesta Halloween dan biasanya selalu ada di setiap rumah. Konon, simbol labu ini merupakan jimat yang paling ampuh mengusir hantu.
  • Nama Jack O’ Lantern sebenarnya adalah singkatan dari ‘Jack of the Lantern’, yang artinya Jack yang membawa lentera. Konon, cerita ini berasal dari legenda Irlandia sejak abad ke 17. Menurut legenda, sosok Jack merupakan seorang petani labu yang malas. Suatu ketika, Jack bertemu dengan hantu yang menginginkan Jack masuk ke neraka ketika ajal menjemputnya. Tetapi, ia berhasil mengelabui hantu tersebut dan bebas neraka. Sebaliknya, ia justru nggak diizinkan masuk surga karena banyaknya dosa yang dilakukan. Di tengah kegelapan hidupnya, Jack menggunakan labu yang diukir dengan lilin di dalamnya sebagai penerangan untuk mencari tempat bagi arwahnya yang gentayangan.
  • Di malam Halloween, anak-anak berkostum hantu akan berkeliling dari rumah ke rumah. Mereka akan mengetuk pintu rumah dan berkata ‘Trick or Treat.’ Jargon ini adalah sebuah ancaman yang berarti ‘beri kami permen atau kami akan jahil’.
  • Ada sepuluh hantu yang paling ditakuti di hari Halloween yaitu vampires (drakula), ghost (hantu), witches (penyihir), jin, werewolves (manusia serigala), zombie, gargoyles yaitu karakter fiksi yang bisa bertanduk dan bersayap, demons (roh jahat), goblins (bertubuh kecil dan berbulu, biasanya bersembunyi di hutan dan menculik bayi manusia) serta malaikat pencabut nyawa. Hiii!
  • Selebriti Hollywood pun nggak ketinggalan merayakan Halloween. Di hari perayaan, mereka ikutan memamerkan kostum Halloween unik mereka. Seperti, Christina Aguilera yang memakai kostum ala bajak laut cantik, Lauren Conrad dalam kostum Minnie Mouse, Emma Roberts dalam kostum ‘cute playboys’ dan sederet seleb lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar